Selamat datang di blog saya. Salam literasi dan salam pendidikan! Halo teman-teman! kalian bisa mencari catatan materi tentang edukasi khususnya materi di jenjang SMP IPA kelas 7 , 8 , dan 9 di sini! Semangat belajar!

Belajar Sains di Dunia Maya

Waktu di Yogyakarta:

Skenario Pembelajaran IPA “CAMPURAN DAN TEKNIK PEMISAHAN CAMPURAN”

 Skenario Pembelajaran IPA

“CAMPURAN DAN TEKNIK PEMISAHAN CAMPURAN”




Pertemuan VI

SubTopik 6 Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan)

Tujuan Pembelajaran:  Peserta didik mampu melakukan penyelidikan terkait teknik pemisahan campuran dengan destilasi menggunakan virtual lab

 1. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran   :  Pendekatan Saintifik

Metode pembelajaran : Demonstrasi, Eksperimen, Diskusi

 2. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Langkah Pembelajaran


Muatan Nature of Science (NoS)

Alokasi Waktu

(menit)

Pembukaan

  1. Guru membuka pelajaran dengan memberi salam diteruskan berdoa Bersama. 

  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.

  3. Guru memberi motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar dan menjaga kesehatan ditengah pandemi covid 19. 

  4. Guru menyajikan fenomena yang mengandung masalah topik Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan) dalam bentuk teks wacana singkat.

Perbedaan penting antara hasil observasi dengan hasil inferensi 

10

Guru meminta siswa bertanya tentang hasil telaah wacana.

Pertanyaan yang diharapkan muncul:

  1. Apa pengaruh suhu terhadap larutan (etanol dan air)? 

  2. Mengapa minyak atsiri harus didapatkan dari penyulingan?

  3. Bagaimana proses penyulinggan sehingga mampu menghasilkan minyak astiri yang berkulits?

IPA bersifat tentatif 

Inti

  1. Guru membentuk kelompok peserta didik yang heterogen kedalam 5 kelompok. 

  2. Guru membagi LKPD Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan) kepada setiap kelompok. 

  3. Guru menjelaskan terkait LKPD terutama tujuan serta alat dan bahan yang digunakan pada LKPD.

  4. Guru mendemonstrasikan praktikum sesuai dengan Langkah-langkah yang ada pada LKPD.

Metode ilmiah merupakan metode yang digunakan dalam IPA untuk memecahkan masalah


IPA adalah berdasarkan bukti empiris


IPA melibatkan imajinasi dan kreativitas manusia 

20

  1. Peserta didik membagi tugas dan peran dalam kelompok untuk melaksanakan praktikum guna menyelesaikan masalah yang diangkat dalam wacana di LKPD.

  2. Peserta didik dengan dorongan guru mengumpulkan informasi melalui praktikum, Buku Paket, atau sumber lain yang sesuai untuk menyelesaikan masalah.

  3. Peserta didik melakukan penyelidikan dan mengumpulkan data dari permasalahan yang dihadapi.

  1. Peserta didik mengolah informasi yang didapatkan dan membahas bersama dalam kelompoknya. 

  2. Peserta didik menyimpulkan praktikum yang telah dilakukan serta menulisnya dalam LKPD. 

  3. Guru membimbing perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil percobaan yang telah dilakukan.

  4. Guru membimbing serta menanggapi hasil diskusi setiap kelompok.

Penutup 

  1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama baik 

  2. Peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dan dikuatkan oleh penjelasan guru. 

  3. Guru menutup pertemuan dengan doa Bersama dan salam


10

 

 




Topik/Sub topik

Tujuan pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran

Model pembelajaran

Metode/skenario pembelajaran


                

Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan)

Peserta didik mampu melakukan penyelidikan terkait teknik pemisahan campuran dengan destilasi menggunakan virtual lab

Pendekatan Saintifik



PBI (problem based instruction)


  1. Demonstrasi

  2. Eksperimen

  3. Diskusi













Share:

No comments:

Post a Comment

Hallo!!

Selamat datang di blog saya. Salam literasi dan salam pendidikan! Halo teman-teman! kalian bisa mencari catatan materi tentang edukasi khususnya materi di jenjang SMP IPA kelas 7 , 8 , dan 9 di sini! Semangat belajar!

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Total Pageviews