Skenario Pembelajaran IPA
“CAMPURAN DAN TEKNIK PEMISAHAN CAMPURAN”
Pertemuan VI
SubTopik 6 Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan)
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu melakukan penyelidikan terkait teknik pemisahan campuran dengan destilasi menggunakan virtual lab
1. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
Metode pembelajaran : Demonstrasi, Eksperimen, Diskusi
2. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah Pembelajaran
| Muatan Nature of Science (NoS) | Alokasi Waktu (menit) |
Pembukaan |
Guru membuka pelajaran dengan memberi salam diteruskan berdoa Bersama. Guru mengecek kehadiran peserta didik. Guru memberi motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar dan menjaga kesehatan ditengah pandemi covid 19. Guru menyajikan fenomena yang mengandung masalah topik Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan) dalam bentuk teks wacana singkat.
| Perbedaan penting antara hasil observasi dengan hasil inferensi | 10 |
Guru meminta siswa bertanya tentang hasil telaah wacana. Pertanyaan yang diharapkan muncul: Apa pengaruh suhu terhadap larutan (etanol dan air)? Mengapa minyak atsiri harus didapatkan dari penyulingan? Bagaimana proses penyulinggan sehingga mampu menghasilkan minyak astiri yang berkulits?
| IPA bersifat tentatif |
Inti |
Guru membentuk kelompok peserta didik yang heterogen kedalam 5 kelompok. Guru membagi LKPD Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan) kepada setiap kelompok. Guru menjelaskan terkait LKPD terutama tujuan serta alat dan bahan yang digunakan pada LKPD. Guru mendemonstrasikan praktikum sesuai dengan Langkah-langkah yang ada pada LKPD.
| Metode ilmiah merupakan metode yang digunakan dalam IPA untuk memecahkan masalah
IPA adalah berdasarkan bukti empiris
IPA melibatkan imajinasi dan kreativitas manusia | 20 |
Peserta didik membagi tugas dan peran dalam kelompok untuk melaksanakan praktikum guna menyelesaikan masalah yang diangkat dalam wacana di LKPD. Peserta didik dengan dorongan guru mengumpulkan informasi melalui praktikum, Buku Paket, atau sumber lain yang sesuai untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik melakukan penyelidikan dan mengumpulkan data dari permasalahan yang dihadapi.
|
Peserta didik mengolah informasi yang didapatkan dan membahas bersama dalam kelompoknya. Peserta didik menyimpulkan praktikum yang telah dilakukan serta menulisnya dalam LKPD. Guru membimbing perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil percobaan yang telah dilakukan. Guru membimbing serta menanggapi hasil diskusi setiap kelompok.
|
Penutup |
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama baik Peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dan dikuatkan oleh penjelasan guru. Guru menutup pertemuan dengan doa Bersama dan salam
|
| 10 |
Topik/Sub topik | Tujuan pembelajaran | Pendekatan Pembelajaran | Model pembelajaran | Metode/skenario pembelajaran |
Teknik Pemisahan Campuran dengan Destilasi (Penyulingan) | Peserta didik mampu melakukan penyelidikan terkait teknik pemisahan campuran dengan destilasi menggunakan virtual lab | Pendekatan Saintifik
| PBI (problem based instruction)
| Demonstrasi Eksperimen Diskusi
|
No comments:
Post a Comment